Kenapa Harus Belajar SEO?

Anda mungkin sering bertanya-tanya kenapa harus belajar SEO sedangkan saat ini bagi pebisnis online cukup menggunakan media periklanan baik itu (SEM) semisal addwords / Google Ads atau (SMM) seperti Facebook ads atau Instagram ads dirasa sudah cukup memfasilitasi kegiatan usaha online. Kenapa, berikut ini mungkin bisa menjadi sedikit jawaban bagi anda yang masih galau dengan pertanyaan diatas.

Sebelum memberikan penjelasan yang lebih luas, mari kita buat sebuah contoh kasus. Mr. X merupakan penjual sebuah Produk Herbal yang memiliki cukup banyak kompetitor. Kemudian Mr. X mencoba peruntungan dengan menjual produksnya secara online dan memanfaatkan program periklanan di Google dan Facebook. Untuk target market klien yang ingin dicapai maka Mr. X harus mengeluarkan budget sekitar 500 rb per hari.


belajar seo


Setelah melakukan set iklan diatas, Mr. X berharap mendapatkan closing yang cukup banyak dari setiap iklan yang dijalankan. Kenyataannya ada banyak calon klien yang memang tertarik dengan iklan yang mereka lihat tetapi sesuai dengna perilaku pembeli di Indonesia mereka biasanya melakukan hal-hal seperti dibawah ini sebelum memutuskan membeli produk:


  1. Mencari tahu informasi produk dengan menghubungi CS (customer Service), terkadang obrolan yang lama belum tentu closing (disini dibutuhkan kemampuan yang mumpuni dari seorang CS untuk memfollow up calon konsumen - dan artinya biaya lebih di operasional = pulsa/kuota dan waktu).
  2. Mencari tahu informasi produk melalui mesin pencari seperti Google (jika yang muncul dihalaman hasil pencarian adalah situs-situs kompetitor, bisa dipastikan calon konsumen anda akan " kena tikung").
  3. Mencari tahu profil penjual (dalam kasus ini Mr. x) di mesin pencari untuk mengetahui kredibilitasnya.
Mungkin Mr. X dalam perjalanannya kemudian berhasil dan tetap mendapatkan profit dari closing iklan yang dijalankan, tetapi ada beberapa hal yang mungkin akan menjadi kendala jika berhadapan dengan perilaku para calon konsumen seperti dalam poin-poin diatas.

Dalam Dunia Digital Marketing atau anda mungkin lebih senang menyebutnya Bisnis Onlien / Jualan Online maka ada beberapa pilar yang saling mendukung. Tiga pilar utama yang sangat penting dan berpengaruh adalah SEO, SEM dan SMM. Masing-masing memberikan kontribusi dan efek yang berbeda untuk marketing anda.

SEM dan SMM merupakan salah satu metode yang memanfaatkan platform periklanan sehingga bisa mendapatkan konversi yang cepat, dengan catatan anda sudah menguasai ilmu copywritting dan setting target audience yang ingin dicapai, kalau tidak maka siap-siap iklan kena suspend atau salah target yang ujung-ujungnya adalah boncos alias rugi. SEM dan SMM tidak dianjurkan bagi pemula. Kelemahan dari SEM dan SMM adalah anda harus sudah memiliki budget atau modal lebih untuk melakukannya.

Sedangkan SEO merupakan metode yang lebih memanfaatkan platform search engine agar informasi bisnis anda mudah ditemukan dalam hasil pencarian disana. Ketika optimasi sudah tercapai maka anda akan mendapatkan banyak keuntungan dari para calon konsumen yan gmendapatkan informasi bisnis anda melalui mesin pencari. Kelemahan metode ini adalah anda butuh waktu lama untuk melakukan proses optimasi, sehingga metode ini cocok untuk konsep bisnis yang long term bukan untuk produk musiman.

Jasa SEO



Jadi kenapa anda harus belajar SEO? jawabannya adalah: Untuk membangun pondasi dasar Assets Digital Marketing anda. Sehingga setelah teroptimasi dengan baik maka metode SEM dan SMM akan lebih efektif dan maksimal.

Kolaborasi yang baik antara ketiga pilar utama Digital Marketing ini diharapkan akan mampu menjadi alat perang anda dalam berkompetisi di dunia online.

Anda punya pertanyaan lain seputar Digital Marketing? silahkan hubungi kami.

Salam



Popular posts from this blog

Belajar SEO dengan studi Kasus Optimasi Kata Kunci OKR Training

Pelatihan SEO untuk UKM di Jogjakarta

Tempat Pelatihan SEO dan Kursus Belajar SEO di Kota Klaten